Thursday, February 1, 2018

Buku Seluk Beluk Perdagangan Ekspor-Impor Jilid 1


Penyusunan Buku Seluk Beluk Perdagangan Ekspor-Impor Jilid 1 (Satu) ini isi materinya disesuaikan dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: Kep. 247/Mei/V/2007, tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Sektor Perdagangan Besar, Sub Sektor Perdagangan Ekspor-Impor tertanggal 31 Mei 2007. Disusunnya SKKNI Ekspor-Impor merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, agar memiliki kompetensi dan mampu bekerja sesuai standar minimal yang ditetapkan serta dapat bersaing dalam mengisi pasar kerja di tingkat level lokal, nasional dan internasional. Setelah SKKNI Ekspor-Impor ini ditetapkan, telah dibentuk Lembaga Sertifikasi Kompetensi Ekspor-Impor dan sudah dikukuhkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Non-Formal dan Informal, Kementerian Pendidikan Nasional Nomor: Kep. 425/E/KK/2010 tertanggal 10 November 2010.

Peranan Ekspor-Impor di negara kita menjadi sangat penting dan strategis sebagai suatu penggerak utama kegiatan ekonomi yang dapat mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Dengan meningkatnya kegiatan ekspor-impor, maka partisipasi masyarakat dalam mengurangi pengangguran dapat tercapai, yang pada gilirannya, menambah kesempatan berusaha dan memperluas kesempatan kerja melalui rangkain kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan ekspor-impor.

Mengingat keragaman karakteristik dan latar belakang peserta didik, maka diperlukan adanya bahan ajar atau modul pembelajaran berupa buku yang sesuai dengan kurikulum ekspor-impor yang telah ditetapkan dalam kurikulum ekspor-impor yang terdiri dari 5 (lima) level ini.

Buku Seluk Beluk Perdagangan Ekspor-Impor Jilid 1 ini mempelajari tentang :
  1. PENDAHULUAN
  2. MENERAPKAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI LINGKUNGAN KEGIATAN EKSPOR-IMPOR
  3. MENGAPLIKASIKAN KETENTUAN DAN PROSEDUR EKSPOR
  4. MEMBUAT SALES CONTRACT
  5. MENGIDENTIFIKASI SUBSTANSI LETTER OF CREDIT
  6. MENGURUS DAN MENINDAKLANJUTI PERUBAHAN LETTER OF CREDIT
  7. MELAKSANAKAN PROSEDUR PENGANGKUTAN BARANG EKSPOR MELALUI LAUT
  8. MELAKSANAKAN PROSEDUR PENGANGKUTAN BARANG EKSPOR MELALUI UDARA
  9. MELAKUKAN PROSEDUR KEPABEANAN BARANG EKSPOR
  10. MENGHITUNG BIAYA EKSPOR
  11. MENGAPLIKASIKAN PENGISIAN DOKUMEN EKSPOR
Penulis: Drs. Hamdani
Penerbit: Bushindo
Cetakan: Ketiga
Tahun: 2017

Buku ini juga dijadikan bahan ajar mata kuliah ekspor-impor dibeberapa perguruan tinggi di Indonesia dan untuk ujian Uji Kompetensi Ekspor-Impor Nasional.


Untuk pemesanan dapat mengunjungi Bukalapak dan Tokopedia kami atau hubungi kami

SHARE THIS

Author:

Lembaga Pendidikan Bushindo (Bushindo Training Center) Menyelenggarakan Diklat Ahli Kepabeanan (PPJK) dengan Ujian Sertifikasi Ahli Kepabeanan (PPJK) dan Diklat Ekspor-Impor dengan Uji Kompetensi Ekspor-Impor Nasional

0 comments: